Politik

Politik dan Strategi Nasional

Kata Politik secara etimologis berasal dari bahasa Yunani Politeia, yang akar katanya adalah polis, berarti kesatuan masyarakatyang berdiri sendiri, yaitu negara. Politik (etimologis) adalah segala sesuatu yag berkaitan dengan urusan yang menyangkut kepentingan dari sekelompok masyarakat (negara). Lanjut Baca »

Politik Praktis

Apakah anda bosan mendengar berita politik di Indonesia? Pasti tidak kan karena sepertinya berita inilah yang selalu hangat. Lain denngan saya, saya sudah dua bulan lebih tidak mencermati berita politik di Indonesia, itu karenasaya sudah terlalu muak dengan sikap para politisi yang selalu memikirkan kepentingan diri dan kelompoknya. Lanjut Baca »

Politik serta Strategi Pertahanan Keamanan

Politik dan strategi pertahanan dan keamanan (Hankam) merupakan bagian integral dari politik dan Strategi Nasional (Polstranas). Polstra Hankam bersifat saling mengisi, saling mendukung dan saling memperkuat (Sinergi) dengan politik dan strategi bidang-bidang kehidupan lainnya dalam Polstranas. Lanjut Baca »

Sosialisasi Politik Soekarno: Sebuah Tinjauan Idiosinkratik

Siap tidak kenal dengan sosok Soekarno, seorang yang paling tersohor di Indonesia. Betapa tidak, beliau merupakan seorang tokoh berpengaruh pada masa perjuangan kemerdekaan pada era 1945 hingga era 1960. Sayang, mungkin sebagian besar diantara kita ,masih belum tahu betul tentang asal-usul Soekarno. Beliau dilahirkan di sebuah kota kecil yang terletak di Jawa Timur, yaitu Blitar, pada 6 Juni 1901. Ayahnya merupakan seorang bangsawan Jawa kelas priyayi yang bernama Raden Sukemi Sosrodiharjo dan ibunya merupakan seorang keturunan kasta Brahmana dari Bali, yang bernama Ida Nyoman Rai.Lanjut Baca »

Pemekaran Daerah atau Wilayah?

Maraknya tuntutan pemekaran daerah yang seolah tidak terbendung merupakan dampak dari kebijakan desentralisasi yang mulai diterapkan pada era reformasi tahun 1999. Kebijakan desentralisasi tentu bukan faktor tunggal karena ada faktor penyebab lainnya yang sebagai faktor pendorong tuntuitan pemekaran daerah seperti perubahan situasi politik di Indonesia. Dewasa ini fenomena pemekaran daerah menjadi wacana yang ramai dan tidak asing lagi dibicarakan masyarakat Indonesia mulai dari masyarakat ”biasa”, akademisi, politisi, para aktivis demokrasi, dan lain-lain.Lanjut Baca »

Opini publik tentang kasus korupsi

Setidaknya ada dua informasi terbaru belakangan ini yang sangat menghebohkan dan cukup menarik perhatian masyarakat secara umum. Pertama, terkait dengan kemunculan para koruptor muda yang berprofesi sebagai PNS. Sejumlah PNS dalam usia muda, memiliki rekening ratusan juta bahkan miliaran rupiah di bank. Fakta ini boleh jadi bukan sesuatu yang aneh di lingkungan pegawai negeri sipil (PNS). Temuan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) yang menyatakan ada 50% PNS berusia muda mendadak kaya yang diduga hasil tindak pidana korupsi, bukan hal baru.
Kemudian yang kedua adalah terkait dengan penangkapan Nunun Nurbaeti dari Thailand. Tersangka kasus suap dalam proses pemilihan Deputi Senior Gubernur Bank Indonesia ini sudah lama menjadi buronan KPK.Lanjut Baca »

Resume Isu-isu Politik Global tentang Pembangunan

Istilah pembangunan dikenal luas di era tahun 1950-1970 yang dimana banyak negara-negara yang baru merdeka yang sangat membutuhkan pembangunan di negaranya. Sebab, negara yang baru merdeka akan berhadapan dengan persoalan yang krusial yaitu kemiskinan dan keterbelakangan. Dengan pembangunan, negara tersebut dapat mengejar ketertinggalan negaranya dan juga mengentaskan seluruh persoalan krusial yakni kemiskinan rakyat dan keterbelakangan negara.Lanjut Baca »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s